Operasi sesar, Biaya, Luka, Dampak Dan Perawatannya

Operasi sesar| Melahirkan dengan cara sesar sekarang sepertinya menjadi trend di kalangan orang tua modern, padahal proses melahirkan dengan cara caesar sejatinya di peruntukan untuk ibu yang mengalami kelainan, dalam arti sang ibu memang tidak bisa untuk melahirkan secara normal, jikalaupun bisa maka akan sangat berisiko terhadap nyawa ibu maupun nyawa bayi yang di kandungnya, untuk alasan inilah operasi sesar di lakukan.

Dengan semakin modern dan cara fikir yang lain atau untuk tujuan yang lain, sekarang operasi sesar banyak di lakukan oleh ibu yang sebenarnya bisa untuk melahirkan secara normal, apa maksud dan tujuan ibu melahirkan secara caesar?, yang padahal dia bisa melahirkan secara normal,, mungkin beragam alasan akan di kemukakan oleh si ibu, terlepas dari itu semua, disini kami akan menuliskan tentang biaya,luka yang akan di alami, dampak dan juga efek setelah operasi sesar.

operasi sesar

foto operasi sesar

Berikut ini besaran Biaya Operasi Sesar

Mungkin ibu sudah tahu perbedaan biaya operasi sesar dan melahirkan normal, perbedaannya sangat besar sekali, dan untuk biaya antar wilayah sangat bervariasi, untuk wilayah cilegon dan serang (banten) rata rata biaya melahirkan secara normal adalah sebesar tiga juta sampai lima juta rupiah, dan untuk biaya melahirkan sesar berkisar antara duabelas juta sampai duapuluh juta rupiah, biaya ini sudah termasuk perawatan selama di rumah sakit dan obat obatan.

Bisa kita lihat di atas, biaya melahirkan secara normal dan operasi sesar sangat jauh sekali bedanya, lebih dari 50%, dan mungkin saja biaya sesar di wilayah ibu berada akan berbeda, dan untuk biaya operasi sesar di luar negri yang kami kutip dari community.babycenter.com, bahwa biaya melahirkan secara normal atau “vaginal birth” sebesar 34.000.000 sedangkan biaya untuk operasi caesar sebesar 304.000.000. Saat saya baca artikel ini, saya sempat kaget, karena sangat mahal sekali.

Luka Yang Di Akibatkan Caesar

Berbeda dengan proses persalinan normal, luka operasi sesar sangat lebar dan dalam, kalau persalinan normal hanya luka pada vaginanya saja, sedangkan luka sesar luka akan sangat dalam dan akan terdapat tujuh jahitan dari kulit sampai daging, sehingga proses penyembuhan luka pasca operasi caesar akan sangat lama, dan ini juga tergantung dari kondisi ibu masing masing, tapi biasanya akan sembuh total setelah 8 bulan.

Dampak Operasi Sesar Yang Perlu Di Ketahui

Berikut ini kami tuliskan dampak atau efek samping jangka panjang dari melakukan operasi sesar:

1. Meninggalkan Bekas luka

Operasi caesar akan meninggalkan bekas luka yang biasanya akan sulit dihilangkan. Anda akan memiliki jaringan parut yang terbentuk di tempat sisi operasi. Jaringan parut ini dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, dan masalah yang akan muncul adalah saat akan melakukan operasi penting lainnya.

2. Harus Istirahat Total atau Bed rest

Ibu harus melakukan istirahat total selama 3 bulan setelah menjalani operasi caesar. Dan ingat, jangan menyepelekan masa penyembuhan ini karena sisa jahitan bekas caesar tidak mudah kering.

3. Resiko Terkena Hernia

Hernia adalah penyakit yang muncul karena adanya luka dalam pada tubuh. Hal ini umumnya terjadi setelah wanita menjalani persalinan dengan cara caesar. Jika Anda tidak mengambil istirahat yang cukup setelah melahirkan sesar, Maka ibu berisiko besar terkena hernia.

4. Sakit Pada Punggung

Sakit pada bagian punggung menjadi keluhan umum yang kerap terjadi yang di sebabkan oleh anestesi epidural. Tetapi juga bisa terjadi karena jahitan. Biasanya setiap Anda tertawa atau batuk, Anda akan merasakan nyeri seperti digigit semut. Hal ini juga dapat menyebabkan sakit pada punggung.

Perawatan Pasca Operasi Sesar YangPerlu Di Ketahui

Diatas adalah beberapa efek samping atau dampak dari operasi sesar, dan berikut cara perawatan yang benar agar efek samping seperti di atas tidak terjadi.

1. Jagalah selalu kebersihan pada luka bekas operasi sesar.Sebenarnya luka bekas operasi caesar ini sama dengan luka bekas operasi yang lainnya. Hal utama yang patut di jaga adalah, jangan sampai luka kita terkena bakteri yang akan menyebabkan infeksi. Cara yang bisa di lakukan untuk mencegah bakteri adalah, Seperti ketika selesai mandi anda dapat membersihkan luka bekas operasi tersebut menggunakan cairan antiseptik serta antibiotic yang telah berikan oleh dokter. Ketika membersihkan luka bekas operasi tersebut, sebaiknya menggunakan cotton bud atau kapas. Dan pastikan juga kedua tangan anda dalam keadaan bersih. Dan juga sebaiknya tidak membungkus luka bekas operasi ini dengan terlalu ketat, karena hal ini dapat menyebabkan iritasi.

2. Gunakan pakaian yang longgar. Karna anda diharuskan menggunakan perban yang tidak terlalu ketat supaya luka bekas operasi tersebut tidak terkena iritasi. Hal ini juga sangat berlaku ketika anda memilih pakaian. Jika anda telah terbiasa menggunakan pakaian yang ketat, sebaiknya anda menggantinya terlebih dahulu dengan pakaian yang lebih longgar. Jenis pakaian yang sedikit longgar yang harus anda pakai diantaranya ialah pakaian dalam, kaos, piyama, celana ataupun rok. Pakaian yang paling di sarankan adalah baby doll dan juga daster.

3. Lakukan kegiatan olah raga yang ringan. Olah raga yang ringan seperti halnya jalan santai dapat membantu dalam proses penyembuhan. Olah raga yang ringan juga dapat mencegah konstipasi serta penggumpalan darah. Hal ini juga dapat membuat sirkulasi darah pada tubuh meningkat. Olah raga juga bisa membuat sistem imun menjadi lebih kuat dan membantu untuk mencegah terjadinya pneumonia atau terjadinya gangguan pada kesehatan umun yang di akibatkan operasi caesar. Lakukan jalan santai setidaknya 15 menit.

Perawatan Sesar Dari Dalam

Selain melakukan perawatan luka dari luar, ibu juga harus memperhatikan perawatan luka bekas operasi langsung dari dalam dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak gizi serta nutrisi yang seimbang. Konsumsilah makanan dengan kandungan vitamin A, vitamin C serta gandum utuh yang ada pada sereal maupun roti gandum saat sarapan pagi. Untuk menu makan siang anda bisa memakan makanan yang mengandung banyak protein serta beta karoten. Selain itu makanan wajib untuk dikonsumsi oleh wanita yang menjalani penyembuhan ialah protein, mineral, zinc, dan juga vitamin.

Semua zat makanan yang penting untuk penyembuhan pasca operasi sesar ada pada jelly gamat gold g.

Jelly gamat gold g dengan kandungannya yang sangat lengkap mencakup protein, zink, vitamin dan juga mineral sangat baik untuk penyembuhan ibu pasca operasi caesar, untuk melihat kandungan serta manfaat jelly gamat gold g silahkan anda klik disini.

  • Jelly gamat mampu untuk mempercepat luka jahitan karena mengandung protein tinggi dan biasa di sebut dengan cell growth factor atau peregenerasi sel
  • Jelly gamat mempunyai kandungan antiseptic alami untuk mencegah infeksi dari dalam dan luar, karena jelly gamat di konsumsi, maka akan mencegah infeksi dari dalam.
  • Jelly gamat mengandung zat gizi lengkap dari vitamin sampai mineral untuk menjaga imun tubuh dan juga mencegah penyakit datang.
  • Jelly gamat aman untuk ibu menyusui bahkan sangat di anjurkan karena jelly gamat selain mengandung vitamin juga mengandung omega, sehingga sangat baik untuk ibu menyusui.
  • Jelly gamat gold g aman untuk di konsumsi semua usia dari balita sampai lansia, karena jelly gamat murni terbuat dari bahan alami dan terbebas dari bahan kimia yang berbahaya, jelly gamat sudah mendapatkan pengakuan internasional, silahkan anda klik legalitas jelly gamat.

Alhamdulilah sudah banyak yang merasakan manfaat dari jelly gamat gold g untuk membantu mempercepat penyembuhan pasca operasi sesar, jika anda brminat dengan obat alami untuk ibu pasca operasi caesar silahkan gunakan jelly gamat gold g. Untuk pemesanan jelly gamat gold g untuk pengobatan pasca operasi caesar silahkan anda klik: Cara pesan jelly gamat gold g

Comments

  1. Lengkap informasinya, dan memang benar jelly gamat ini membuat luka bekas sesar pada istri saya cepat kering dan tidak meninggalkan bekas luka. Terikakasih jelly gamatnya, semoga semuannya mendapatkan manfaat yang sama seperti istri saya.

Speak Your Mind

*