kolesterol tinggi

HIDUP SEHAT DENGAN KOLESTEROL YANG LEBIH RENDAH

Ada banyak hal yag bisa dilakukan untuk mencapai kadar kolesterol yang lebih rendah, yang penting adalah memperbaiki pola makan dan gaya hidup anda. Pola makan kolesterol rendah telah berubah sejak 20 tahun terakhir. Makanan tinggi serat bebas lemak yang hambar sudah bukan zamannya lagi, diganti makanan sedap dan beraneka warna, menggunakan lemak yang tepat. Oleh karena itu, raihlah peluang ini untuk mengubah hidup anda.

Apakah kolesterol itu?

Kolesterol adalah suatu bahan lunak dan berlemak yang dihasilkan oleh tubuh secara alami, sebagian ditentukan oleh factor genetis, oleh hati. Kita memerlukan kolesterol pada kadar tertentu untuk memproduksi hormone, melapisi sel-sel saraf agar dapat menghantarkan ransangan secara tepat, dan membentuk membrane terluar dari sel-sel tubuh. Kolesterol tidak berdampak buruk bagi tubuh manusia jika memilikinya dalam kadar yang normal.Tubuh kita juga mendapatkan sejumlah kolesterol dari makanan,seperti kerang-kerangan, daging sapi, daging ayam,telur, mentega, keju, dan susu.

Seberapa umumkah kolesterol tinggi?

Tiga puluh hingga delapan puluh persen orang dewasa dinegara barat memiliki kadar kolesterol darah yang tinggi. Meskipun telah mengetahui buruknya efek kadar kolesterol tinggi dan betapa mudah menurukannya, jumlah orang berkolesterol tinggi hanya berkurang sedikit sejak tahun 1980 an.

POLA MAKAN YANG LEBIH SEHAT UNTUK MENGURANGI KOLESTEROL DARAH

Kebiasaan makan yang lebih baik dan gaya hidup yang lebih sehat termasuk lebih banyak beraktivitas dan berhenti merokok merupakan dua langkah besar yang bisa anda ambil untuk mengurangi kolesterol darah. Inilah mengapa dokter biasanya memberikan kesempatan ini sebelum memberi resep obat apapun. Perubahan gaya hidup juga menjadi cara terbaik untuk menghindar diri dari kolesterol darah yang tinggi.

Begitu anda mencanangkan diri untuk mengurangi kadar kolesterol, konsultasilah dengan dokter dan pantau kemajuan anda. Siapapun dengan kolesterol darah yang tinggi dan yang beresiko tinggi terkena CVD sebaiknay memeriksa kadar kolesterol darah mereka setiap tahun. Manfaat perubahan ini benar-benar terbukti ampuh, tetapi tidak ada motivator lain selain melihat perbaikan dalam kolesterol LDL dan HDL anda.

Makanan cepat saji sarat dengan lemak jenuh,rendah serat, dan mengandung vitamin serta mineral yang lebih sedikit. Jika sering dikonsumsi, makanan seperti ini akan menambah berat badan anda dan meningkatkan risiko kesehatan anda, terutama kadar kolestrol yang tinggi.

Kemajuan ilmu gizi memberitahu kita bahwa meskipun kita maju dalam hal tertentu, tenyata kita mundur hal lainnya. Demi kesehatan jantung dan pembuluh darah anda, mengkonsumsi makanan alami dan segar menjadi kebutuhan. Ini bukan berarti kembali mengkonsumsi pola makan tinggi serat namun hambar seperti pada era 1980 an. Justru,hal in berarti kita kembali lagi pada makanan tradisional seperti:

• Gandum utuh, polong-polongan, buah dan sayuran segar untuk kebutuhan antioksidan,fitokimia,dan karbohidrat dengan kadar IG yang rendah.
• Kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan untuk kebutuhan lemak yang sehat
• Daging tanpa lemak,daging ayam,makanan laut, dan susu rendah lemak untuk kebutuhan protein.

Speak Your Mind

*